Seri Selatan

Katuranggan Ke 2 Area 36 Kraton Jamur Dipa | Pradangga

Katuranggan ke 2 adalah Pradangga, ‘Pradangga’ berarti ‘Gamelan’ yang merupakan ciri kedua keberadaan Kraton Jamur Dipa di Area 36. Ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Sering munculnya suara Gamelan Lokananta, atau suara gamelan yang terdengar jelas tapi susah gamelan gaib, biasanya selain suara gamelan juga sering terdengar suara sinden yang sedang menembang. Suara Gamelan Lokananta ini sangat halus tapi jelas terdengar namun setiap orang yang mendengar akan merasa suara berasal dari daerah yang berlainan, meskipun yang mendengar suara gamelan tadi bersebelahan, untuk di area Jamur Dipa suara gamelan sering terdengar di tengah sawah, dekat air terjun, dan dekat batu bersusun teratur seperti pada foto di gambar ini.

2. Di daerah yang dekat air terjun, gamelan malah sering dipinjamkan oleh peradaban Area 36 ke masyarakat sekitar namun tentu dengan laku khusus, posisi munculnya gamelan pasti bukan di batas Area 36ditentukan arahnya karena sering berubah-ubah posisinya saat didengar, gamelan ini sering disebut yang sangat dirahasiakan oleh peradaban Jamur Dipa, tujuan pemunculan gamelan biasanya sering dipinjamkan untuk yang punya hajatan pernikahan dan hajatan lain tapi harus dikembalikan utuh di tempat peminjaman, cuma sayangnya di beberapa daerah selalu saja ada yang iseng dengan mengembalikan gamelan tersebut secara tidak secaara utuh, sehingga masyarakat peradaban Jamur Dipa menjadi tidak pernah meminjamkan lagi gamelan tersebut.

Di beberapa tempat, peminjaman gamelan atau Pradangga masih sering berlangsung sampai saat ini, namun Turangga Seta tidak dapat menyebutkan posisinya demi keamanan posisi tersebut.

Gamelan yang dipinjamkan bukan gamelan yang terbuat dari bahan Kuningan, tapi gamelan yang dalam bahasa Jawa disebut “Gongso”, perbedaannya adalah kalau Gongso terbuat dari bahan campuran logam Perak, Kuningan, dan beberapa material tidak dikenal. Tempat-tempat pemunculan Pradangga sudah seharusnya mulai dicermati dengan lebih seksama.

Rahayu _/_

Ki Tunggul Jati Jaya Among Raga

=======
versi lengkap dengan kualitas gambar Hi-Res dapat diunduh di >>
http:// www.mediafire.co m/ ?di7lp6hj275c62r

versi Bahasa Inggris ‘Katuranggan 2 – Area 36 Jamur Dipa Palace’ dengan kualitas gambar Hi-Res dapat diunduh di >>
http:// www.mediafire.co m/ ?bm491t6pbwbh548

Sumber: Greget Nuswantara | Turangga Seta

(Dilihat: 821 kali)

Leave a Reply