Seri Selatan

Kraton Jamur Dipa di Kaki Ardi Jamur Dipa

Ardi adalah GunungArdi Jamur Dipa sekarang sudah berubah nama menjadi Gunung Slamet, namun nama tersebut masih tersisa di desa kecil yang mengarah ke Banyumas. Sehingga dapat dipastikan bahwa Gunung Slamet adalah Menara Babelan Jamur Dipa yang disembunyikan oleh peradaban yang sangat maju.

Dalam aturan kraton-kraton di Jawa kita mengenal bentuk Payung Agung Keprabon yang biasanya diberi nama “Songsong Keprabon” dan bentuk Songsong Keprabon selalu berwarna emas dengan rumbai-rumbai kuning di sampingnya, rumbai-rumbai kuning ini menunjukkan posisi polarisasi yang membuat masyarakat di luar payung tidak dapat melihat, sedangkan payung emas (gilap) menunjukkan keberadaan daerah yang sangat bergemerlapan yang ditutupi dengan teknologi yang amat sangat maju sekali.

Jamur adalah salah satu tanaman yang bentuknya mirip payung, ini merupakan sandi penutupan Kraton Jamur Dipa yang ada di sebelah Selat-an dari menara Babelannya. Areal ini melingkupi area yang luas dengan 13 garis lintang yang menunjukkan Deklinasi dan Inklinasi kompas yang sangat anomali, di samping itu terlihat ada daerah yang disembunyikan di daerah yang tiba-tiba terjadi perubahan bahasa yang elstrim, yaitu bahasa Jawa Ngapak dan bahasa Sunda, kita bisa melihat bahwa di Jawa Timur sampai ke Cilacap terjadi perubahan bahasa yang sangat bertahap per kilometernya, namun di perbatasan bahasa Jawa Ngapak dan Sunda sangatlah ekstrim, Di beberapa desa di daerah Brebes juga terjadi perubahan bahasa yang sangat ekstrim yaitu bahasa Jawa dan Sunda yang hanya dijaraki oleh sebuah jalan kecil.

Kalau melihat jarak perubahan bahasa dari Pandeglang menuju Ciamis maka perubahan bahasanya sangat bertahap dan berpola, sedangkan kalau melihat perubahan bahasa di Jawa Timur sampai ke Cilacap juga sedemikian berpola, maka bahasa yang digunakan Kraton Jamur Dipa adalah bahasa antara bahasa Sunda dan bahasa Jawa Ngapak.

Berdasarkan data bahasa, Inklinasi dan Deklinasi serta lain-lain yang sudah dipaparkan dan yang belum bisa dibuka di sini maka posisi kerajaan utama Jamur Dipa ada di perbatasan bahasa Jawa Ngapak dan bahasa Sunda. Di Jawa Timur terdapat lokasi tersembunyi di dekat daerah Probolinggo, karena bahasa di Probolinggo cenderung seperti bahasa Madura dan daerah baratnya cenderung berbahasa Jawa.

Rahayu _/_

Ki Tunggul Jati Jaya Among Raga

=======
versi lengkap dengan kualitas gambar Hi-Res dapat diunduh di >>
http://www.mediafire.com/?9nycxz7py4lo5u7

versi Bahasa Inggris ‘Jamur Dipa Palace at The Foot of The Ardi Jamur Dipa’ dengan kualitas gambar Hi-Res dapat diunduh di >>
http://www.mediafire.com/?qyyz2z7me52rfxj

Sumber: Greget Nuswantara – Turangga Seta

(Dilihat: 1456 kali)

Leave a Reply